DAILY DAY IN PANDEMIC SEASON

7:35 PM

 السلام عليكم و رحمة الله و برا كات

Hi again di my daily life, buat yg dari kemarin nanyaiin di instagram storie aku, kak lagi dimana?? Aku akan cerita sedikit meskipun mungkin agak ga berfaedah tapi ya sudahlah ya,,, posting aja😆 hahaha. Buat kalian semua yg belum tahu siapa aku?? 

Hallo namaku rina dan aku berprofesi sebagai guru tk dan juga side job aku adalah seorang beauty blogger dan skincare reviewer. Salam kenal dan selamat datang di blog dan my daily page😃. Silahkan follow social media aku untuk menanyakan berbagai macam hal💞. I'm kindly like for replying your question. 

Di era pandemi kali ini, aku agak sedikit sedih dan dilema karena banyak hal dan target yg harusnya sudah terkejar dan terlaksana tapi delaying, tidak tahu sampai kapan akan berakhir. Begitupula keadaan yg terjadi di dunia pendidikan.

Banyak sekali Capaian Indikator yg mungkin terdelay dan tidak terlaksana dikarenakan keterbatasan situasi serta keadaan. Dalam hal ini kita sebagai guru memang dituntut untuk mengambil beberapa konsep pembelajaran yg memungkinkan seperti: Pembelajaran Life Skill, Daring Methode or Luring Methode.

Seperti apasih Pembelajaran Life skill, Daring Serta Luring itu? Aku akan Jelaskan Secara singkat. So here we go!!😃

1. Life Skill

Seperti halnya orang dewasa pada umumnya anak-anak juga termasuk makhluk sosial yg harus bisa beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya.

Life skill adalah kemampuan untuk beradaptasi dan menunjukkan perilaku positif yang pada akhirnya memampukan individu untuk menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari dengan efektif (WHO, 1997).

Kalau dijabarkan lebih panjang kemampuan seperti apakah life skill itu, hmm ini adalah beberapa kemampuan dasar Seperti:

-Focus atau Self Control

Pada dasarnya seorang anak yg baru mengijak masa sekolah dia akan kesusahan untuk fokus dan menjaga emosinya terhadap sesuatu, dan untuk menjaga anak tetap fokus kita terbiasa menggunakan beberapa permainan untuk menarik perhatian mereka, serta melatih emosi serta kemampuannya untuk fokus, Seperti:

•Permainan Menirukan Gerakan

•Permainan Membangun/Menyusun

•Permainan dot to dot

•Permainan Memasangkan/ Puzzle


-Communication/Komunikasi

Kemampuan kedua yg harus anak-anak miliki adalah bagaimana cara mereka berkomunikasi terhadap lawan bicaranya, berikut ini adalah contoh permainan yg dapat mengasah kemampuan berkomunikasi sang anak, yaitu:

Permainan Bermain Peran

•Permainan Tebak Nama dari Satu Benda

•Permainan Tepuk

•Permainan Bernyanyi Bersama

•Permainan Membaca Buku/Mendengarkan Cerita

-Berani Mengambil Tantangan

Kemampuan yg ketiga adalah Berani Mengambil Tantangan, dalam hal ini banyak sekali Orang tua yg enggan atau mungkin secara tidak sadar memberikan respon pasif terhadap pola asuh satu ini. Dan Berikut Ini adalah beberapa faktor yg harus orang tua perhatikan dalam kegiatan main yaitu:

•Biarkan sang anak Memilih Permainan yg disukainya

•Memberikan Tanggung Jawab

•Menjadikan Pemimpin

•Ajak sang anak untuk Berdiskusi Mengenai Permainan Tersebut

Ketiga hal Tersebut terdapat dalam beberapa permainan yg sudah aku sebutkan diatas seperti: Bermain Peran, Bermain Membangun/Memasangkan Benda, Menirukan Gerakan, Bernyanyi Maupun Bermain Tepuk.

2. Daring

Daring adalah salah satu sistem atau metode yg digunakan guru untuk memberikan pembelajaran terhadap para siswa atau murid, tanpa bertatap muka (online), seperti:

-Membuat video Pembelajaran




*ini adalah proses aku teman sejawat aku mengedit beberapa video pembelajaran

-Video call ketika ada pertanyaan atau kendala yg dialami selama proses pembelajaran.

3. Luring

Ini adalah salah satu motode kegiatan luar jaringan, dimana para wali murid akan mengambil tugas berupa portofolio maupun sebuah buku yg akan dikerjakan selama 1minggu.

Dan itu tadi beberapa kegiatan yg aku lakukan selama pandemi selain membuat rencana kegiatan main kami juga membuat video pembelajaran untuk para murid.

Semoga beberapa kegiatan main yg aku jelaskan tadi sedikit bermanfaat untuk menambah ide pola asuh terhadap para orang tua. Fyi para guru tidak masuk setiap hari, melainkan adanya Jadwal WFH serta WFO.

SEMANGAT UNTUK PARA BUNDA 💕

Karena jika tidak ada bunda yg membantu membimbing sang anak, kami bukanlah apa2😉.

Sekian Sekali Lagi SALAM HANGAT UNTUK PARA BUNDA💌

و السلا م عليكم و رحمة الله و برا كا ت


You Might Also Like

47 komentar

  1. Aku mencoba ikut webminar gratis biar ga bosan dan nambah ilmu..juga melukis dengan cat air biar ga bosan di rumah terus hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak banyaj bgt ikut ig aku kakak @rienzfdh, aku sering share ttg webinar gratis

      Delete
  2. Awalnya merasa kerepotan dengan segala aktivitas dilakukan di rumah. Tapi lama-lama terbiasa juga. Hehehe semoga pandemi ini segera berakhir ya. Semuanya bisa kembali normal senormal-normalnya... Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kak semoga berakhir, dan utk para bunda semangatvterus💞

      Delete
  3. Selama pandemi ini aku selalu bikin kegiatan bersama anakku, pokoknya sebisa mungkin anak tetap happy walau berada di rumah. Apalagi anakku di rumah gak ada adik atau kakak jadilah ini bunda dan ayahnya harus ekstra banget bikin segala macam kegiatan biar gak mati gaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kak, karena dikala pandemi interaksi sosial anak terbatas jadi mau ngak mau, bunda ayahnya yg harus kreatif

      Delete
  4. Selama pandemi ini ank2ku yang TK dan SD kelas 1 udah bisa nyuci baju, kucek2 gtu haha, trus bisa bilas piring (soalnya yg nyabunin masih aku), udah bisa disuruh nyapu dan ngepel kalau ada tumpahan air, bisa jemurin baju dll hahaha
    Ya bener kudu dimanfaatkan dengan baik nih masanya di rumah aja buat ngajarin anak life skill yaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena menurut aku smua manusia hrs bisa life skill utk bertahan hidup🤣

      Delete
  5. Replies
    1. Wah g ada mic kak ko d tes hahaha🤣

      Delete
  6. Wah Mbak Rien guru yah?

    Salut banget hehe para orangtua dengan anak PJJ di rumH,mpasti ngga mudah.

    ReplyDelete
  7. Kalo aku kadang pas wiken main game bareng sama anakku mba, hihi emak sama anaknya hobi main game jadi ya mayan lah hiburan sekaligus bonding juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh tuh kak jadi quality time bareng😆

      Delete
  8. Banyak hal yang bisa dilakukan saat pandemi yang mengharuskan kita dirumah aja bersama keluarga ya.. jadi tambah hal baru dan tentunya sangat positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berusaha Memberikan Efect yg positif

      Delete
  9. Sama kayak guru anak-anakku nih, kadang ada giliran zoom meeting yang gurunya harus di sekolah, kadang juga dari rumah. Memang jadi guru zaman pandemi ini jadi harus belajar banyak hal baru ya, salut aku sama para pengajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak adanya pandemi membuat kita para guru juga belajar hal baru, yg mungkin selama hari biasa enggan dilakukan

      Delete
  10. Penyesuaian yang luarbiasa di masa pandemi ini, semua orang mau gak mau, suka gak suka harus bisa cepat beradaptasi

    ReplyDelete
  11. luar biasa ya pandemi ini, tp memang lama-lama akhirnya bisa menyesuaikan juga meski rasanya beart hehe..

    ReplyDelete
  12. Karena di rumahku gak ada anak-anak, jadi gak begitu riweh mbak. Btw, tapi asik juga ya kalo ada anak-anak, bisa belajar sekaligus bermain juga. Self healing banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe seru daaa, ada aja ide kreatif yg mereka ciptakan

      Delete
  13. Kegiatan main tersebut bisa juga nih daku coba ke keponakan. Apalagi iya juga ya bisa sambil diskusi jadi terjalin komunikasi bagus juga

    ReplyDelete
  14. Masyaallah, kebayang perjuangannya guru-guru yang selalu mencoba segala hal untuk bisa memunculkan indikator anak didiknya. Semangat ya Kaka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SubhAllah Terimakasih juga kakak, kakak juga sukses terus ya🥰🥰

      Delete
  15. Aku senang punya teman guru TK. Energi dan kebahagiaan selalu terpancar. Makin kesini, pandemi membuat makin kreatif. Lewat video pembelajaran yang mbak dan teman-teman buat dapat memudahkan proses belajar di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak ada hal baru dan tantangan baru😊

      Delete
  16. Gak pernah pengen jadi guru. Sejak pandemik dipaksa jadi guru anak kelas 1. Haduuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaaattt kakakak, Berjuang sama2 utk pendidikan d indonesia

      Delete
  17. Wah bisa jadi referensi nih buat anak2 di rumah. Lagi-lagi bahas covid ya hiks.

    ReplyDelete
  18. Sangat bermanfaat untukku yang kadang masih suka bingung mau bikin kegiatan apa untuk anak-anak di rumah. Mau follow IG nya juga ya biar banyak info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ashiiiiaaappp Dm ya kak nanti aku follback😘😘

      Delete
  19. baca ini aku jadi pengen nanya, ada gak ya guru paud atau guru tk yang selama pandemi membuka kelas privat sebagai guru les personal?

    ReplyDelete
  20. Salut dengan segala yang para guru (apalagi guru TK) perjuangkan untuk muridnya sepanjang pandemi begini. Kolaborasi dengan para orangtua memang penting ya. Semoga para guru dan ortu semangat menemani masa masa belajar si kecil.

    ReplyDelete
  21. Wah seru seru ya untuk mengasah kemampuan anak.. terima kasih Bu guru sharing nya..

    ReplyDelete
  22. Terima kasih sarannya bun.. Masih terus belajar nih sebagai ibu muda.. Selalu berfikir main dan belajar apa hari ini untuk anak.. Hehee

    ReplyDelete
  23. semangat terus bund, pandemi nggak jadi alasan buat nggak produktif ya bunddd

    ReplyDelete
  24. Ya Allaah, beraat lho jadi guru kayak kak rienz ginii. Aku ngerasain juga gimana ibukku yang setahun lagi pensiun terpaksa juga daring. Malah bikin beliau capek banget karena di depan layar teruss. Semangat kak rienz.

    ReplyDelete
  25. Wah banyak ide bermain baru buat anak anakku nih. Jujur selama pandemi suka bingung mau main apa lagi ya hari ini

    ReplyDelete
  26. Semangat selalu membersamai anak-anak ya kak.. semoga selalu sehat dan bahagia selalu...

    ReplyDelete
  27. Keren mbak, tapi jadi kepikiran juga sama kondisi pendidikan di daerah yang terpencil kayak daerahku hini. Adanya larangan kehiatan di sekolah bikin pembelajaran untuk anak-anak terhambat sedangkan mau daring mereka sebagian gak punya fasilitasnya. Diberi tugas, malah orang tuanya yang ngerjaiin🙃

    ReplyDelete
  28. Wah ide permainannya boleh banget ini bu ... apalagi anak2 paling ga betah lama dirumah... dgn kita memberikan permainan yg kreatif , anak2 bisa betah dan nyaman dirumah aja ya

    ReplyDelete
  29. Wah mbak Rina guru TK ya selang seling wfh who. Tahun ini anakku rencana masuk TK b. 1 tahun kmrn sudah homeschooling am aku, bisa jadi diperpanjang nih kalau bdr terus.

    ReplyDelete
  30. Sehat selalu untuk mba rien dan oara guru yang lain. kita semua dipaksa untuk terbiasa ya Mba. Semoga pandemik lekas berlalu. Semangat kita

    ReplyDelete
  31. Semangat mbak dan untuk kita semua di tengah pandemi ini, semoga kita sehat selalu dan selalu produktif untuk bekerja atau belajar di rumah aja. Dan juga selalu jaga kesehatan dan jaga pola hidup sehat supaya bisa terhindari dari virus covid

    ReplyDelete
  32. Kerjanya jadi double ya kak jika harus ngajar lewat daring. Itupun harus ngeluarin tenaga ekstra. Semangat buat para guru di luar sana

    ReplyDelete
  33. Memang luar biasa ya pandemi ini merubah kebiasaan kita. Tapi jadi semakin kreatif ya :) semangat terus

    ReplyDelete

HAVE A NICE DAY EVERYONE

Voucher Sociolla

MyRiFrends

Popular Posts